ANALISA KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KAFARMASIAN DI APOTEK X2 PADANG PERIODE SEPTEMBER 2022

Authors

  • Selvi Merwanta STIKES RANAH MINANG
  • Netti Kemala Sari STIKES RANAH MINANG
  • Yuli Febriyanti STIKES RANAH MINANG

Keywords:

Pelayanan kefarmasian, Kepuasan Pasien, Persentase Pasien

Abstract

Pelayanan pada dasarnya dapat dikatakan sebagai suatu tindakan dan perlakuan atau cara melayani orang lain untuk memenuhi apa yang terjadi kebutuhan dan keinginannya. Tingkat kepuasan pasien atau pelayanan dapat di ukur dengan membandikan antara harapan pasien terhadap kualitas pelayanan yang diinginkan dengan kenyataan yang diterimanya. Penelitian ini merupakan penelitian bersifat deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengann cara menentukan bagaimana tingkat pelayanan kefarmasian oleh petugas apotek melalui pengisian kuesioner oleh 92 pasien yang datang ke apotik X2 Padang bulan September. Berdasarkan hasil penelitian persentase Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Ketanggapan adalah 90,7% Kategori Sangat Puas, Tingkat kepuasan pasien terhadap kehandalan adalah 73,9% Kategori Puas, Tingkat kepusan pasien terhadap jaminan adalah 78,9% Kategori Sangat Puas, Tingkat kepuasan pasien Empati adalah 76,9% Kategori Sangat Puas, Tingkat kepuasan pasien Bukti Nyata adalah 74,4% Kategori Puas. Tingat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian secara keseluruhan adalah 78,957% Kategori Sangat Puas.

Downloads

Published

2024-07-20