Hubungan Game Mobile Legends Terhadap Perilaku Etika BerkomunikasiPada Siswa Laki-Laki Kelas X dan Xi Di SMAN 2 Batang Anai
Keywords:
Adiksi, Mobile Legends, Siswa, Komunikasi, EtikaAbstract
Game mobile legends dimainkan secara berlebihan, dapat mempengaruhi etika komunikasi siswa yang mengakibatkan
konflik sosial, menjadikan siswa memiliki nilai etika rendah karna disebabkan gangguan saat bermain dan meluapkan
emosi, berkata kasar di dalam maupun di luar permainan, yang menjadikan perilaku siswa yang terbiasa beretika
komunikasi yang negatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Adiksi Game Mobile Legends Terhadap
Perilaku Etika Berkomunikasi pada Siswa Laki-laki Kelas X dan Xi di SMAN 2 Batang Anai. Jenis penelitian ini
adalah survei analitik dengan pendekatan survei analitik crosssectional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 229
siswa laki-laki dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Penelitian telah dilakukan pada tanggal
20 Mei s/d 22 Mei 2024. Analisa data dilakukan dengan uji statistik univariat dan bivariat dengan menggunakan chisquare dengan kepercayaan 95% α = 0,05. Hasil penelitian di dapatkan bahwa 62,7% responden mengalami tingkat
kecanduan ringan dan 52% responden memiliki perilaku etika berkomunikasi yang kurang. Dari hasil uji statistik
didapatkan ada hubungan adiksi game mobile legends terhadap perilaku etika berkomunikasi pada siswa laki-laki kelas
X dan XI di SMAN 2 Batang Anai, dengan Pvalue = 0,089 (p <0,05).